...of my life, my obsessions and whatnot.

Wednesday, June 10, 2009

Live and Learn

Image via apple.com

Ugh! Jengkelnya bukan main! Menyesal, kenapaaa.. gue ngga research banyak-banyak sebelum mutusin untuk beli tuh MacBook. :(

Jadi ceritanya begini, kira-kira dari 2 bulan yang lalu, gue udah berniat untuk beli laptop baru dengan layar yang lebih kecil. (Laptop lama gue 15.4") Juga karena laptop gue yang lama udah mulai bertingkah, ditambah guenya juga kali yang centil ya, pengen barang baru? Hehe.. Gue udah punya laptop gue yang lama itu kira-kira 3 tahunan deh!

Setelah gue browsing, tanya sana-sini, akhirnya mutusin untuk beli MacBook 13" unibody/aluminum yang 2.4GHz.
Basic MacBook 13" unibody pilihannya adalah:
  • 2.0 GHz Core 2 Duo processor, 2GB of RAM and 160GB HDD, or
  • 2.4 GHz Core 2 Duo processor, 2GB of RAM and 250 GB HDD, with illuminated keyboard
Ini Mac/Apple computer pertama gue by the way, karena selama ini gue pake Windows/PC. And then, I decided to get the refurbished one, karena menghemat gue sampe $200 dari harga original. Tadinya gue ngga PD untuk beli barang refurbished, karena gue belum pernah beli sebelumnya. Tapi karena belinya langsung dari Apple.com dan warranty nya juga sama-sama 1 tahun seperti yang brand new, so I decided to give it a shot. Toh kalo ada apa-apa bisa dibalikin lagi dalam waktu 14 hari.

Notice kata-kata 14 hari yang gue bikin bold. :)

Saat itu gue ordernya tanggal 11 May 2009. Barangnya sampe di gue kalo ngga salah 2 hari kemudian. Gue excited banget dong! Gue periksa badannya, ada cacat apa nggak.. ternyata ngga ada. Trus gue nyalain, ternyata sampe detik ini lancar jaya aja tuh! *Alhamdulillah sih* Gue dapet semuanya lengkap, persis kaya yang brand new, bedanya cuma di box nya aja. Kalo yang brand new box nya itu kerenan, kalo refurbished cuma dapet box coklat polos! Hehe..

Lalu.. datanglah tanggal 8 Juni 2009. Dimana WWDC baru aja ngumumin kalau line MacBook unibody di revise jadi MacBook Pro, dengan higher specs and lower price! Jadi yang tadinya si MacBook Pro unibody itu cuma ada pilihan 15" dan 17", sekarang si 13" juga diikut sertakan dalam keluarga itu!

OMG! Gimana ngga jengkel gue?? Memang sih gue masih pemula di dunia Mac, jadi rasanya belum perlu pake yg "Pro". Tapi, dengan melihat perbedaan yang lumayan signifikan dan apalagi harga yang lebih murah? Ditambahhh..gue baru belinya kurang dari 1 bulan yang lalu?? Ya langsung nyesek berat lah guee...!! Kalo gue belinya udah lebih dari 2-3 bulan, masih mending kali yee.. Apalagi si MacBook unibody ini kan udah keluar dari Oktober 2008. Nah kalo kasus gue? Apes aja kali yee..
Apalagi barang-barang refurbished itu, kalo gue ngga salah baca, cuma bisa di return ke Apple.com, jadi ngga bisa ke physical store nya Apple. Ditambah, mereka katanya cukup strict dengan return policy yang hanya membolehkan mengembalikan barang dalam waktu 14 hari setelah barang diterima oleh customer.

Highlights dari MacBook Pro unibody 13" dibanding MacBook unibody 13" adalah: FireWire 800 port (gue ngga perlu-perlu amat sih sebenernya), SD card slot, longer battery life (tadinya up to 5 hours, sekarang jadi 7 hours), memory bisa ditambah up to 8 GB, sedangkan yang lama cuma sampe 4 GB aja, truus.. label MacBook nya berubah jadi MacBook "Pro", karena dari segi fisik, memang kembar banget sama lineupnya MacBook Pro unibody. Sekarang "bendera" MacBook hanya untuk yang berbadan polycarbonate putih.

Basic MacBook Pro 13" unibody pilihannya adalah:
  • 2.26GHz Core 2 Duo processor, 2GB of RAM and a 160GB HDD with illuminated keyboard, or
  • 2.53GHz, 4 gigs of RAM and a 250GB HDD, with illuminated keyboard
Oiya, FYI, setiap tahun si Apple ini punya Student Promo, kalo ngga salah sih dari bulan Mei - September awal. Mau tau promonya apa? Silahkan di cek ke sini. Kalo dipikir-pikir sih emang bisa bikin gue tambah jantungan, tapi gue ngga begitu peduli, toh gue udah ada iPod, walaupun bukan Touch. Eh, tapi emang bisa dijual sih kalo gue ngga mau..hihi. Gue bisa minta bantuan temen gue yang masih di college untuk dapetin promo itu.. :P

Yang bikin tambah sebel, refurbished MacBook unibody 13" 2.4 Ghz di Apple.com sekarang lebih murah (lagi) $200 dari yang gue beli bulan lalu. *sigh*

Intinya sekarang, gue menyesal kenapa ngga terlalu aware sama gosip-gosip teknologi, terutama Mac, dalam konteks kali ini? Kenapa cuma aware sama gosip artis? Hihihi.. nggak denk, gue juga udah ngga terlalu ngikutin gosip artis seperti dulu kok.. ;P

Gue tau kalo teknologi tuh updates quickly, dan harga bisa langsung turun.. Tapi siapa yang nyangka kalo bakal secepet ini.. Udah ruginya $300an, eh malah lebih improved pula! Jadi sedih... ;(

Gue lagi coba telfon Apple Customer Service, tapi daritadi belum berhasil. Lamaaa.. banget nunggunya! Hmmph.. We'll see deh gimana nih kelanjutannya. Atau ngga ya gue pasrah aja sama yang udah gue punya. Life goes on, right? Berusaha mensyukuri yang udah gue dapet.. BUT, musti berjuang dulu sampe titik pulsa penghabisan! :P

Sorry ya ngomel2 gini gue.. huhuh


***Update***

6:25 PM

Setelah ngga berhasil ngehubungin Apple Customer Service, akhirnya gue menyerah aja deh.. Siapa tau dibalik ini ada hikmah, bahwa gue harus lebih bisa menahan nafsu & kesabaran.. (kaya lagi Ramadhan ajah). Berusaha ngambil sisi positif, dan menanti kedatangan si Mac OSX Snow Leopard bulan September ini, dan cuma nambah $29 saja untuk upgrade! Wiiiii... *tersenyum hambar*

Tapi yang terpenting adalah.. gue masih cinta kok sama my Green Apple.. ;)



0 comments: